•  
  • Website Resmi RSUD ULIN Banjarmasin
| SMS Center [(+62) 089688856555] | : (+6281953614***) selamat sore, sy cahya mau tanya. apa d rsud ulin ad dr.spesialis bedah vaskuler ya. klo ad sya boleh mnta nama dn alamt praktek dr ny. trimakasih. (+6282155632***) Siang saya mau menanyakan apakah karyawan Rsud Ulin yang bernama Ahmad sayraji ruang saraf masih berkerja di ruangan tersebut? Terima kasih tolong infonya (+6282153044***) Tlong para pera wat yang d ruang teratai kalau d tanya jangan jawabannya ga tau.dan satpam perempuan jangan galak galak dong.

PENGUMUMAN LELANG KSO MESIN HD 2014 (Akhir Masuk Berkas Tanggal 17 April 2014 Jam 09.30 WITA)
Rabu, 13 Februari 2013 - 08:10:55 WIB
SERAH TERIMA JABATAN WAKIL DIREKTUR MEDIK DAN KEPERAWATAN, WAKIL DIREKTUR SDM, DIKLIT DAN HUKUM RSU
Diposting oleh : Rahmaniar
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 658 kali

SERAH TERIMA JABATAN

WAKIL DIREKTUR MEDIK DAN KEPERAWATAN,

WAKIL DIREKTUR SDM, DIKLIT DAN HUKUM

RSUD ULIN BANJARMASIN

 

Oleh : HM.Yusuf, M.I.Kom

Humas RSUD Ulin

 

Selasa 5 Februari 2013, bertempat di Aula Antasari lantai IV Gedung IGD RSUD Ulin dilaksanakan upacara serah terima jabatan Wakil Direktur Medik dan Keperawatan yang semula dijabat oleh dr. Ali Assagaf, SpP (K) digantikan oleh DR. Izzak Zulkarnain Akbar, SpB, FICS. yang semula memangku jabatan fungsional dan sebagai Ketua Komite Medik RSUD Ulin Banjarmasin. Dr. Ali Assagaf menduduki jabatan baru sebagai Wakil Direktur SDM, Diklit dan Hukum. Acara tersebut juga di ikuti pergantian pengurus Dharmawanita Persatuan RSUD Ulin. Pergantian ini dilaksanakan karena Wakil Direktur SDM, Diklit dan Hukum yang lama dr. Rita Mahdalena, MKes tidak dapat melaksanakan tugas jabatan struktural karena dalam keadaan sakit, dan selanjutnya beliau dialih tugaskan ke jabatan fungsional.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh semua pejabat struktural dan fungsional RSUD Ulin, Komite Medik, Komite Keperawatan dan keteknisian medik, Satuan Pengawas Intern (SPI) dan beberapa anggota Dharmawanita Persatuan RSUD Ulin. Dalam sambutannya Direktur RSUD Ulin dr. Abimanyu, SpD, KGEH, FINASIM mengucapkan selamat kepada dr. Ali Assagaf yang telah dilantik kemarin oleh Gubernur Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, artinya dipercaya kembali untuk menjabat Wakil Direktur SDM, Diklit dan Hukum di RSUD Ulin. Demikian juga DR. Izzak, dengan segala pengalamannya, dengan  kompetensinya,dengan kredibilitasnya beliau telah diberikan kepercayaan oleh Kepala Daerah untuk menduduki jabatan eselon IIb dilingkungan Pemerentah Provinsi Kalimantan Selatan. RSUD Ulin saat ini sudah menjadi RS Kelas A. Jadi kedepan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) menggunakan SOTK Rumah Sakit Kelas A. Maka posisi wakil direktur itu ada empat, yaitu : Wakil Direktur Medik dan Keparawatan, Wakil Direktur SDM, Diklit dan Hukum, Wakil Direktur Umum dan Keuangan dan Wakil Direktur Umum dan Perlengkapan. Jadi masih ada peluang untuk menjadi calon wakil direktur di RSUD Ulin.

Pada kesempatan ini saya memohon dukungan dari kawan-kawan semua, semua karyawan RSUD Ulin, para pejabat struktural, fungsional untuk mendukung DR Izzak bekerja secara baik diligkungan RSUD Ulin sesuai dengan Peraturan Gubernur dan tugas pokok dan fungsi sebagai Wakil Direktur Medik dan Keperawatan. Jadi tugas Wakil Direktur itu adalah mengkoordinir kegiatan-kegiatan pelaksana teknis yang dilaksanakan para Kepala Bidang, Kepala Seksi, Kepala Instalasi dan melakukan supervisi terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah menjadi Keputusan Direktur. Jadi para pelaksana teknis eselon III dan IV akan dilakukan supervisi oleh DR Izzak ini. Tentu bersama Direktur dan didampingi oleh Wakil Direktur lainnya.

Kemudian, tugas pertama untuk Wakil Direktur SDM, Hukum dan Diklit, agar mengurusi dan menyelesaikan masalah SDM RSUD Ulin. Agar menetapkan dan mengukuhkan dengan SK Gubernur pegawai BLUD yang sudah bekerja di fungsional RSUD Ulin yang terdiri dari dokter dan perawat sebanyak 266 orang ditambah dan 268 tenaga administrasi. Hal ini sudah diberi rekomendasi oleh Bapak Gubernur, tinggal menyelesaikan di BKD. Yang kedua. Perlu SDM melakukan audit pegawai. Apakah pegawai RSUD Ulin ini sudah cukup atau kurang ? Untuk itu perlu dibentuk tim kecil lintas sektoral, terdiri dari orang-orang RSUD Ulin, BKD untuk menganalisa beban kerja jabatan fungsional. Setelah diketahui berapa jumlah kebutuhan tenaga kita ? Yang sudah tersedia berapa ? Berapa kekurangannya ? dan berapa kita harus menambahnya. Ini adalah kegiatan elektif dari Wakil Direktur SDM. Kemudian ada kegiatan emergency terkait dengan kebutuhan tenaga sehubungan dengan pembukaan gedung bangsal baru kelas III pada bulan Maret atau April 2013. Dihitung keperluan perawatnnya sebanyak 177 orang, kemudian dihitung berapa persen yang direkrut terlebih dulu, sambil melaksanakan agenda yang direncanakan. Kemudian Wakil Direktur SDM, Diklit dan Hukum jangan sampai tersesat dalam bidang hukum terutama dalam pengadaan barang dan jasa.

Kepada DR Izzak saya berpesan Wakil Direktur Medik dan Keperawatan, yang paling penting saaat ini, karena RS kita sudah kelas A, jadi kita sambil jalan, mari kita memperkuat diri, supaya apa yang kita lakukan itu betul-betul sesuai dengan Standar Operasional Rumah Sakit. Sesuai dengan Standar Departemen Kesehatan tentang Rumah Sakit Kelas A. Untuk klinik Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat sambil jalan, sambil dibenahi, disempurnakan supaya jalannya betul-betul seperti Rumah Sakit Kelas A. Lengkapi SDM nya, sarana dan prasarananya, perbaiki pelayanannya seperti sempurnanya Rumah Sakit Kelas A.

RSUD Ulin memang telah memenuhi persyaratan Rumah Sakit Kelas A. Persyaratan Kelas A itu pertama harus memenuhi pelayanan spesialis dasar, empat besar, didalam empat besar itu harus ada minimal dua dokter sub spesialis. Kedua, harus memiliki 6 dokter spesialis penunjang medik. Ketiga, mempunyai lima belas pelayanan dokter spesialis lainnya. Keempat, mempunyai lima belas pelayanan dokter sub spesialis. Semua persyaratan itu ternyata RSUD Ulin telah melebihi dariapa yang dipersyaratkan. Tinggal DR Izzak bagaimana upayanya untuk meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit ini.

Yang kedua, bagaimana kita memikirkan jasa orang-orang yang bekerja di Rumah Sakit iniagar lebih baik. Jangan terlalu panjang waktu tunggu hanya untuk mengambil keringat para pekerja. Kita harus kembalikan kepercayaan para pekerja kita, kita harus mampu memberikan kepastian kapan dilakukan pendistribusian jasa, berapa perhitungannya ? bagaimana akurasi perhitungannya ? berapa nominalnya ? dan bagaimana transparansinya ?

Karena RSUD Ulin telah menjadi kelas A, maka pasien Askes nantinya akan ada tarif pelayanan kelas atas danakan memberikan sesuatu yang lebih baik. Kemudian pasien Jamkesmas, Jamkesprov itu masih ada problem, masih ada selisihnya yang harus kita proses dan kita pecahkan bersama. Kemudian pada bulan Mei kita menghadapi penilaian akreditasi 2012. Kepada Dr. Ali dan Dr. Izzak kiranya dapat memberikan dorongan kepada semua pokja-pokja akreditasi, kiranya dapat menyelesaikan secara teknis akreditasi ini tepat pada waktunya. Yang terakhir kita perlu melakukan reformasi SPI dan perlu disusun kembali kabinet atau struktur organisasi baru dilingkungan SPI, SPI kedepan harus bekerja secara full time, tidak seperti saat ini part time. SPI pekerjaan serius sebagai jabatan fungsional auditor. Karena SPI sering kali berhadapan dengan KPK.

Kepada Ketua Dharmawanita Ibu DR Izzak kami ucapkan selamat mendampingi suami sebagai pejabat, mohon dimaklumi bila suatu saat ada panggilan diluar jam kedinasan. Demikian pula kepada DR Izzak dan dr. Ali kiranya kita menjalankan tugas kedinasan bersama sama, utamanya menjalankan tugas struktural, tetapi juga masih dituntut mengatur waktu menjalankan profesi sebagai dokter. Akhirnya acara ditutup dengan memberikan ucapan selamat kepada Wakil Direktur yang dilantik dan makan siang bersama.